Minggu, 28 Agustus 2016

Bahaya Asam Urat Tinggi

Bahaya asam urat tinggi ,- Asam urat merupakan salah satu penyakit yang kita dengar meskipun mungkin kita tidak pernah mengalaminya. Hal ini dikarenakan ada tetangga atau saudara kita terkena penyakit ini. Keluhan mengenai asam urat biasanya berhubungan dengan rematik, nyeri sendi dan sakit pinggang. Biasanya menyerang mereka yang berusia lanjut. 
Kadar asam urat yang normal dalam darah pada pria tidak boleh melebihi 7 mg/dL dan pada wanita 6 mg/dL. Peninggian kadar asam urat dalam darah menunjukkan adanya ketidakseimbangan antara produksi asam urat yang berasal dari makanan atau minuman yang dikonsumsi dengan pengeluarannya melalui ginjal, yang kemungkinan disebabkan karena produksi asam urat yang berlebihan ataupun pengeluarannya dari tubuh melalui ginjal yang terlalu sedikit maupun kombinasi keduanya.

Bahaya Asam Urat Tinggi

Asam urat seperti yang kita sudah ketahui merupakan suatu penyakit yang disebabkan dari sisa metabolisme zat purin yang berasal dari sisa makanan yang kita konsumsi. Purin sendiri adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Dengan kata lain, dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin ini, lalu karena kita memakan makhluk hidup tersebut, maka zat purin tersebut berpindah ke dalam tubuh kita. Berbagai sayuran dan buah-buahan juga terdapat purin. Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu. Biasanya asam urat menyerang pada usia lanjut, karena penumpukan bahan purin ini yang sudah terlalu banyak.
Apabila kandungan zat purin ini menempel semakin banyak pada tubuh kita akan sangat berbahaya sekali karena dapat menyebabkan beberapa gangguan pada keseimbangan tubuh dan akan menimbulkan berbagai macam penyakit seperti menyerang seperti :
  1. Gout
    Gout terjadi ketika  asam urat tinggi berubah  menjadi kristal di persendian. keadaan ini sangat menyakitkan, Sendi yang mengalami gout akan menjadi membengkak. Gejala-gejala terjadinya gout biasanya kulit di area yang terserang gout akan mengelupas sedikit demi sedikit, dan di sertai dengan demam.
  2. Penyakit Gagal Ginjal
    Asam urat yang tinggi akan menyebabkan gagal ginjal. Orang terkena gagal ginjal akan beresiko tinggi terkena penyakit asam urat. karena gejala dari penyakit gagal ginjal terjadi dikarenakan urin yang seharusnya dibuang dari tubuh akan terperangkap di dalam tubuh  dan meracuni tubuh.
  3. Penyakit Batu Ginjal
    Asam urat yang menumpuk berubah menjadi kristal-kristal yang  besar  disebut batu. Pembentukan batu ini hanya akan terjadi di ginjal jika terdapat ruang untuk mengkristal dalam injal. Dan di Saat kristal ini bergerak,  akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa . Biasanya akan terasa ketika buang air kecil . Jika kristal tersebut melukai saluran kemih, maka Akan muncul darah berwarna kemerah-merahan pada air seni.
  4. Hipertensi ( Darah Tinggi )
    Asam urat menyebar ke seluruh tubuh bersama darah, dan meningkatkan kekentalan darah mengakibat aliran darah terganggu. Untuk menjaga agar laju aliran darah tetap stabil, jantung akn  secara otomatis meningkatkan kinerjanya dan menyebabkan tekanan darah akan meningkat (  terjadinya hipertensi) .
Dengan berbagai bahaya yang ditimbulkan, maka anda perlu memperhatikan pola makan dan gaya hidup sehat agar bisa terhindar dari masalah kesehatan yang dapat timbul dari asam urat yang tinggi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar